Friday 18 October 2013

Manfaat Buah Mengkudu/Cangkudu

Mengkudu atau di sebut juga Cangkudu dalam bahasa sunda,atau di sebut juga Pace.
Tumbuhan yang sering  banyak di temui di sekitar Rumah,berdaun hijau lebar berbuah unik dan mempunyai rasa yang unik pula,Rasa buah nya sepet agak sedikit Asam dengan aroma nya yang khas pula.
Sudah sejak lama saya mengenal Tanaman ini Namun untuk mengetahui khasiat nya  baru sekarang-sekarang ini, setelah pengobatan herbal menjamur ke seluruh peloksok ,dahulu kala di saat saya masih berumur  10tahun saya masih ingat betul ,waktu itu Daun Mengkudu sering di pakai untuk membuat Campuran Nasi Goreng , Ibu saya sering menyajikan Nasi goreng bumbu kuning  denganCampuran  daun mengkudu muda yang di iris-iris.Hehee..Aneh ya?..Tapi menurutku enak ko'..

Buah mengkudu juga dulu sering di buat untuk  Campuran Rujak bebek/Rujak tumbuk. Namun ternyata Buah mengkudu  mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan Tubuh,Bahkan beberapa produsen Herbal telah banyak membuat Juss mengkudu untuk di jual sebagai obat-obat herbal,jika anda pernah dengar "Juss Noni" nama nya.Tanaman Mengkudu Banyak Tumbuh liar di samping Rumah dan pekarangan ,Tidak pernah sengaja menanam pohon tsb,Tumbuh alami dan tak memerlukan perawatan, Daun nya yang muda bisa untuk lalapan dengan cara di Rebus kemudian bikin sambel terasi dengan perasan jeruk limau. Lagi-lagi menurut isteri Saya "ini makanan Aneh"..he..he..Yaa nama nya juga Buat kesehatan bagaimanapun Cara nya bisa di konsumsi dengan Enak,baik di lalap ataupun sengaja di buat obat .

Lalu apa saja yang terkandung di dalam buah mengkudu tsb ?
Ternyata buah mengkudu mempunyai beberapa kandungan Nutrisi sperti : Vitamin,Protein,mineral,Asam amino dll,dan merupakan Herbal anti kanker,dan Anti oksidan Alami yang bermanfaat buat Tubuh.
Nah bagi anda yang biasa mengkonsumsi Tanamn obat herbal,tiada salah nya anda juga memanfaat kan buah mengkudu untuk Kesehatan anda,Siapa tahu walaupun mengkonsumsi nya secara Lalapan Akan ada manfaat buat kesehatan.




No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan Anda