Friday, 9 May 2014

TANAMAN HYDROPONIC


Tanaman Hydroponik (Hydroponics) adalah Cara menanam pohon dengan media non Tanah (soil less),Hydroponic sendiri berasal dari Bahasa Yunani Kuno yaitu: HYDRO dan PONOS,Hydro=Air dan Ponos=Daya, jadi pertumbuhan Tanaman hanya mengandalkan Daya Air,tapi walaupun Tanaman Hydroponik hanya menggunakan Daya Air tetap lah harus menggunakan Media untuk menopang akar dan batang & daun supaya tumbuhan menjadi lebih kuat dan tumbuh dengan sehat

 Ada banyak System yang di gunakan untuk bercocok tanam secara hydroponic, dari yang paling sederhana hingga yang  profesional Anda bisa gunakan beberapa system pilihan sesuai kemampuan anda  silahkan pilih salah satu :Wick system(sistim sumbu),Deep water system (rakit apung),Ebb&Flow (sistem Pasang surut),Drip irigationsystem(pengairan dengan Tetes),NFT (nutrient film Technique) yaitu dengan system air mengalir pada pipa setipis film dengan derajat kemiringan di sesuaikan agar air mengalir tidak terlalu cepat atau terlalu lambat,,dan yang terakhir adalah dengan sytem Aeroponic yaitu pemberian pupuk/nutrisi pada akar langsung dengan cara di semprot kan atau di kabuti .

Namun bagi pemula saya akan berikan tekhnik yang paling sederhana ,yaitu tekhnik dengan system sumbu dengan system sumbu (atau wick system) di mana air di serap melalui sumbu dan di teruskan ke akar tanaman ,carakerja nya mirip dengan lampu minyak tanah yang mengacu pada hukum Capiler,

 Beberapa Tumbuhan yang paling Mudah untuk di Tanam secara Hydroponic adalah jenis-jenis Sayuran seperti : Kangkung,Selada,Bayam,Sawi,pakcoy,Cabai,Paprika,terong dll.
 tidak menutup kemungkinan beberapa jenis Buah-buahan seperti melon,Timun,semangka,pare,bahkan kentang  bisa di budidayakan secara hydroponic ,hanya saja mungkin pemberian Nutrisi dan pengaturan kadar Air dan Unsur Hara yang di perlukan oleh Tanaman-Tanaman tersebut berbeda dengan Tanaman hydroponic sayuran daun,karena Tanaman sayur jenis daun ini pemupukan nya hanya fokus pada bagian Daun dan batang saja,sedangkan untuk Tanaman Buah perlu nutrisi untuk Batang,daun,dan buah.

 Nutrisi atau pupuk yang di perlukan untuk tanaman Hydroponik adalah pupuk yang mempunyai unsure Mikro dan Makro yang di ramu menjadi satu yang di sebut pupuk AB MIX.Pupuk AB mix ini lah yang Akan menjadi Nutrisi Tanaman Hydroponik,Pupuk AB MIX ini banyak tersedia dan di jual secara On line di beberapa komunitas pencinta Hydroponic,Anda bisa Browsing di google atau bergabung dengan para Pencinta Hydroponic di Facebook atau Twiter,di sana anda bisa bertanya dan berinteraksi langsung dengan para pakar dan para pencinta Tanaman tersebut. Jika Anda seorang Pemula yang ingin mencoba bercocok tanam secara Hydroponik sedikit saya berikan cara yang pernah saya praktekan sendiri yang sangat sederhana sekali ini dia: Persiapan Bahan Utama:

 1.siapkan Bibit kangkung

 2. Sekam bakar (kulit padi yang di bakar) boleh menggunakan serbuk kayu atau pasir kerikil atau bata merah yang di buat kerikil

 3. Gelas bekas air mineral

 4. Kain Flanel(kain yang biasa di pakai untuk menyulam) banyak di jual di toko yang menjual kancing baju,benang atau Alat-alat jahit )

 5. Container atau bak atau toples untuk menampung Air nutrisi

 6. Sterofoam atau Gabus
 7. Peralatan

 8. Pupuk AB MIX kalau ada,kalau tidak ada anda bisa beli pupuk cair yang di jual di toko pupuk

Jika semua nya sudah siap  Awal tugas anda adalah menyemai Benih kangkung untuk persiapan penyemaian :
  Media Nampan atau bak untuk penyemaian,kemudian di isi dengan media sekam bakar dan di basahi dengan Air (ingat harus pake air sumur jangan pake air PAM..!,kalo emang terpaksa pake air PAM endapkan dulu seminggu untuk menetral kan kaforit nya). Kemudian bibit kangkung di Tanam dengan secara perlahan di benamkan di arang sekam tsb dengan jarak sekitar 2 atau3 cm sebaik nya di garis agar terbentuk Rapih.setelah bibit di benamkan kemudian di tutup atas nya dengan sekam bakar lagi namun Jangan terlalu tebal,Biarkan Bibit tersebut berkecambah hingga tumbuh berdaun empat dan siap di pindah ke gelas Air mineral. Pembuatan Media Penampang Tanaman Kangkung Anda persiapkan beberapa unit peralatan,Gunting-pisau-atau besi bulat untuk melubangi strofoam atau bisa di buat lubang tersebut dengan Pisau Cutter.

1. Buat Lubang di sekeliling Gelas Air mineral (bisa gunakan solder listrik atau paku yang di panaskan. dan buat lubang bawah untuk memasukan Kain Flanel  sebagai Sumbu
 2. Lubangi Sterofoam /gabus untuk penopang Gelas Air Mineral,sebaik nya di sesuaikan dengan dengan ukuran Bak /container karena sterofoam ini akan di letakan di atas Container.


 3. Siapkan Container/Bak Air. Untuk tahap selanjut nya,jika si bibit kangkung sudah tumbuh dan siap untuk di pindahkan segeralah anda mengerjakan Tugas Akhir anda:

 1. Isi lah semua Gelas yang sudah di berikan sumbu tadi dengan Arang sekam seperempat nya nya saja,kemudian masukan empat atau lima pohon kangkung kedalam gelas tersebut,kemudian masukan semua nya ke sterofoam yang sudah di lubangi tersebut

 2. Isi lah Container/bak dengan Air yang sudah di campur dengan Pupuk AB Mix,pupuk cair lain juga bisa namun pertumbuhan nya mungkin tidak secepat yang menggunakan Pupuk AB MIX. 3. Biarkan Tanaman Belajar tumbuh dan anda hanya Tugas Anda tinggal mengontrol Air nya saja,jika Air nutrisi nya kosong segera Tambah lagi ,sambil menunggu Panen Tiba. Oh iya jangan lupa agar tidak ada jentik nyamuk sebaik nya jangan beri celah untuk nyamuk agar tdk bertelur di tandon air gunakan kain kasa,

ini ada beberapa Foto hasil experimen yang saya buat dengan tekhnik yang sangat-sangat sederhana, yang mungkin bisa menginsfirasi Anda yang baru mau belajar hydroponik. Selamat berkarya.



No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan Anda