Friday, 18 September 2015

Membuat Aquaponik

Apakah yang di maksud dengan Aquaponik?Aquaponik adalah Bercocok Tanam tanpa Tanah dan tanpa Pupuk kimia,bebas pestisida atau pupuk kimia lain nya,bisa di bilang Organik.
Aquaponik  dengan memanfaat kan kolam ikan untuk tanaman cabai.
Aquaponik sendiri sebenar nya adalah perpaduan dari Aqua culture dan Hydroponic ,Tekhnik penanaman nya sama bisa menggunakan media tanpa tanah,Perbedaan nya adalah jika Hydroponik masih menggunakan pupuk kimia sebagai nutrisi Tanaman ,sedangkan Aquaponik tidak memakai pupuk kimia hanya mengandalkan Limbah (amonia)dari kotoran ikan yang berada di kolam kemudian Air limbah amonia tersebut di distribusikan melalui pipa pvc (paralon) dengan  pompa Air.
Air yang berasal dari dasar kolam ikan di Alirkan keseluruh tanaman dan di alirkan lagi ke kolam,sangat sederhana bukan?.Air yang di sirkulasikanoleh pompa Air tadi selain sudah bersih dari limbah uga mengandung oksigen yang akan menyegarkan Ikan-ikan peliharaan di kolam.

Proses sederhana nya begini :

"Air Limbah kotoran ikan yang mengandung Amoniak Bisa membunuh ikan-ikan peliharaan kita jika tidak di bersihkan,kemudian Di Alirkan melalui Pipa  dan disiramkan kan pada seluruh tanaman,di kembalikan ke kolam.
Tanaman seledri pada talang Aquaponik
Untuk menjaga Agar air yang jatuh ke kolam supaya bersih bisa menggunakan filter busa/ kasa Aquarium atau pasir malang sebagai penyaringan terakhir (end Filter) Jadi Air yang jatuh ke kolam sudah benar-benar bersih Tanpa Ampas sedikit pun,air kolam Menjadi bersih ikan-ikan pun sehat,Tanaman pun subur-subur ,Anda bisa menanam Sayuran sendiri di rumah dengan memanfaatkan kolam ikan/aquarium yang anda Punya,bisa mendengarkan Gemercik suara air yang menyejukan di saat Anda istirahat dari pekerjaan yang melelahkan setelah pulang dari kantor. ika Anda terus mengembangkan Teory sambil berpraktek di rumah tidak mustahil lama kelamaan bisa menghasilkan ikan dan sayuran sendiri untuk memenuhi kebutuhan dapur anda, ,Karena Tanaman seperti kangkung,sledri,pakcoy,sawi,caysim,kailan,cabai,terong dan sebagai nya sangat bisa di Tanam dengan media Aquaponik,sayuran yang di hasilkan sehat dan bebas pestisida dan bisa menekan biaya belanja sayuran Anda.
Aquaponik sederhana

sedikit penelasan untuk mempersiapkan bahan-bahan pembuatan aquaponik
tekhniksederhana ini hanyalah contoh saja tergantung nanti pengembangan masing-masing ,saya pribadi di rumah menggunakan system bertingkat karena keterbatasan lahan.

Bahan-bahan yang perlu di siapkan :

1.Tong plastik atau bak penampungan Air (jika tidak punya Kolam ikan) ,untuk tempat pemeliharaan ikan.
2. Talang Air sebagai media penempatan media tanaman.dibuat bersusun dengan membuat irigasi dengan system subak ,air di alirkan ke Talang yang paling atas dan pembuangan nya di alirkan ke talang yang di bawah, Pembuangan air yang berada di bawah di buang kembali ke talang yang paling bawah,sampai akhir nya pembuangan terakhir langsung  ke kolam ikan.
3. batu kerikil untuk media Tanam sebagai dudukan akar tanaman,bisa juga menggunakan kompos atau arang sekamnamun media ini membuat air menjadi hitam seperti air teh.
atau jika anda punya Pot yang sudah terisi dengan bibit sayuran hanya tinggal meletakan nya di talang air tersebut,gunakan lah pot yang masuk ke talang airpot yang terlalu besar tidak akan bisa masuk ke dalam talang,sehingga tidak bisa duduk dengan pas,gunakan pot kecil saja.
4.Motor pompa Aquarium minimal daya 35 watt agar tendangan air bisa mengalir di pipia dengan kencang.
5.Pipa paralon sebagai penyambung dari pompa aquarium dan pipa untuk distribusi air ke tanaman berdiameter 1/2 " atau tergantung selera anda namun pipa Air biasa yang umum di pakai sudah cukup untuk mendistribusikan air dari kolam ke tanaman.

Lebih jauh nya bisa lihat beberapa gambar yang saya comot dari google dan salah satu Aquaponik sederhana yang saya buat.selamat mencoba...!


No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan Anda