Sunday, 20 March 2016

MENGOLAH SENDIRI BENIH TOMAT




“Tomat”..Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini,Sebagai penyedap campuran untuk masakan dan membuat Sambel tomat juga sering di olah menjadi sari buah yang menyegarkan.di juss jadi minuman dingin dan menyegarkan,selain menyegarkan Tomat  ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan sebagai anti oksidan dan obat Alternatif lain nya,Oke karena ini judul nya hanya cara “ MENGOLAH SENDIRI BENIH TOMAT” jadi saya tidak akan menjabarkan nya secara panjang Lebar,langsung saja pada inti nya ya :


         " Pertama-tama Pilihlah Buah Tomat yang segar dan matang,syukur-syukur bisa membeli Tomat matang yang di Ambil langsung oleh Petani dari pohon nya dan bukan Tomat yang matang karena Karbitan.Tapi jika tidak memungkinkan Beli  saja di Pasar atau di Supermarket Pilih lah buah tomat yang baik menurut selera ,Kalau saya biasa membeli Tomat yang besar dan bulat sperti apel karena saya orang nya senang mengkonsumsi Tomat di makan secara Langsung tanpa di juss,rasa nya lebih Enak dan Asli tanpa campuran Gula atau madu, Atau anda bisa membeli buah Tomat Jenis apa saja yang anda sukai sesuai selera,yang penting Tomat tersebut terlihat segar dan tidak matang karena karbitan,karena  walaupun warna nya merah tomat tersebut belum tentu matang ,bisa anda rasakan sendiri dengan mencicipi nya,tomat yang benar-benar matang rasa nya pun akan berbeda terasa lebih segar asam namun enak,beda sekali dengan tomat yang matang secara di paksa Rasa nya pun Hambartidak segar.

Cuci lah Buah Tomat dengan Air Bersih dan mengalir untuk membersihkan Bakteri atau mungkin Pestisida yang mungkin saja menempel pada buah Tomat,Belah buah Tomat dan Pisah kan Biji nya,daging nya bisa anda konsumsi atau untuk campuran memasak.
Siapkan Kain kasa,atau saringan dan Wadah Plastik kecil untuk  merendam biji tomat .Rendam Biji tomat yang baru di kupas tersebut sambil di kucek-kucekn agar Lendir dan sisa daging tomat yang menempel pada biji Tomat terpisahkan sambil di kucek dan di ayak-ayak hingga bersih.
Jika di rasa sudah bersih sekarang Siapkan Kertas Koran pada wadah kecil,Taburkan benih Tomat tadi ke kertas Koran,Tujuan nya agar biji tomat ini cepat kering dan air nya di serap oleh kertas Koran,Jemurlah Benih Tomat yang menempel pada kertas Koran tersebut di terik matahari gunakan wadah dan pastikan agar kertas tersebut tidak terbang di bawa angin,Pastikan Biji Tomat benar benar kering dan tidak Lembab setelah itu bisa di masukan kedalam Botol yang di tutup Rapat simpan di tempat teduh dan kering,jangan di masukan ke KULKAS ya..:)..!

Cara Penyemaian Benih Tomat dan Pembibitan
1.       Sebelum di semai sebaik nya biji Tomat di rendam terlebih dahulu pada air hangat kuku selama kurang lebih 2 jam,atau bisa di Rendam selama 1 malam,Sebenar nya biji tomat buatan sendiri tidak harus lama-lama di Rendam Langsung di Tebarkan di Tempat Lembab saja mudah Sprout,karena cangkang Biji tomat tidak sekeras biji Cabai saran saya lakukan saja perendaman selama 3 jam sudahCukup.
2.       Siapkan Kotak boleh dari bahan Plastik atau nampan yang bolon-bolong agar air tidak menggenang,kalau mau kreatif sendiri bisa menggunakan kotak kayu ,setelah itu Siapkan arang sekam secukup nya ,Rendam terlebih dahulu Arang sekam tersebut dengan Air sumur ,Air minera,Air hujan juga bolehl asal jangan menggunakan Air PDAM.Setelah Arang sekam basah merata tiriskan sebentar biarkan Air nya Turun sendiri  tidak usah di peras.
Kenapa harus menggunakan Arang sekam..? karena media tersebut  sangat baik untuk media semai,di samping itu Mudah pada saat pencabutan &Pemindahan nanti nya.
3.       sebarkan biji tomat tadi di atas Arang sekam jarak tidak boleh terlalu rapat, bisa di sebarkan satu persatu dengan jarak 1 cm,makin renggang makin bagus supaya pertumbuhan nya tidak berdempetan ,kemudian tutup secara tipis saja dengan arang sekam ,jangan terlalu tebal karena benih bisa busuk dan mati sebelum muncul ke permukaan,cukup di taburi saja yang penting benih tidak terlihat di permukaan media semai.
4.       Simpan di tempat uyang teduh dan jangan terkena matahari dan hujan dulu,kelembaban Air pun harus di jaga supaya Tidak kekeringan,Mengingat Arang sekam sangat Poros air dan mudah kering.
5.       Jika benih tomat sudah sprout dan mulai berdaun kecil kecil segeralah di  jemur di panas matahari pagi Antara jam 7 hingga jam 11 siang,ini bertujuan agar bibit tomat tidak kutilang ( kurus-tinggi-langsing). Sambil di jaga terus kelembaban nya.
6.       Setelah kira-kira berumur 2 atau 3 minggu dan muncul daun sejati nya ,segeralah di pindahkan ke POT, Polybag atau di tanam di Bedengan Tanah yang sdah di siapkan sebelum nya. 
CATATAN : Cara pencabutan bibit  agar tidak merusak Akar sebaik nya gunakan Air dengan cara merendam seluruh media semai tadi dengan Air di bak kemudian di Goyang-goyangkan hingga sekam bakar terpisah dengan akar secara perlahan dan akar dalam keadaan utuh,ini biasa nya untuk di tanam secara hydroponic.Jika ingin menanam di POT atau polybag sebaik nya di angkat dengan mengikutkan sekam bakar nya agar terbawa,cungkil lah dengan hati hati dengan kayu atau sendok plastic yang penting tidak merusak akar.

PEMINDAHAN BIBIT 
Pemindahan bibit yang  baik adalah melalui 2 kali pemindahan,Tapi 1 kali pun boleh jika di rasa bibit tomat sudah kuat untuk pembesaran.
1.       Siapkan Gelas Air mineral yang sudah di lubangi dengan solder atau paku panas,isi dengan Arang sekam yang sudah di basahi setengah nya saja,Tanam kan bibit Tomat tersebut  di dalam gelas. Jika sudah merasa cukup sehat dan akar terlihat baik perkembangan nya langsung di Tanam di pindahkan ke POT besar,Ember,polybag dsb dengan cara Rendam terlebih dahulu Gelas bibit tomat tersebut supaya Arang sekam mudah lepas dari Gelas nya ,keluarkan bersama arang sekam yang sudah terbentuk gelas tersebut Tanamkan di POT yang sudah di siapkan,bisa menggunakan Kompos atau Sekam bakar,jika menggunakan sekam bakar maka tetap harus di camopur dengan kompos atau pupuk kandang,terkecuali jika Ingin mengunakan Pupuk kimia seperti Hydroponik AB mix atau pupuk N.P.K media boleh menggunakan arang sekam saja,ingat ya Jaga kelembaban Air supaya tidak kering,tapi juga tidak boleh menggenang karena Jika media basah tergenang( tidak mengalir )Tanaman Tomat akan BUSUK akar dan mati.
2.       Selanjut nya Perawatan setiap hari bisa Anda atur sendiri mulai pemupukan dan penyiraman.lakukan pemupukan sesuai dosis jika anda menggunakan Pupuk kimia atau pupuk organic lain nya.penyiraman sebaik nya pagi dan sore hari.
3.       Jika Pohon Tomat sudah mulai bertambah tinggi segera di pasang Tonggak/Ajir (tongkat) untuk menahan beban agar tidak roboh.Demikian semoga bermanfaat dan Selamat berkebun Tomat selamat berkarya dan Go green Indonesia.


No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan Anda